Saturday, March 14, 2009

BAB 3a - MENEMUKAN TANAH PERJANJIAN ANDA

Hal pertama yang ingin diketahui orang ketika mereka mulai berfikir untuk mengubah masyarakat, budaya dan seluruh Negara adalah, “Bagaimana saya memulainya? Apa bagian saya?” Anda memiliki suatu tanah perjanjian khusus, tempat dimana anda mengerahkan pengaruh kerajaan. Saya ingin membantu anda menemukan tanag perjanjian anda dan mulai membawa kerajaan itu kepada orang-orang dan institusi di sekitar anda.
Menemukan tanag perjanjian anda adalah hal penting yang utama. Itu adalah pintu gerbang menuju keefaktifan kerajaan. Sebenarnya, saya percaya anda hanya akan benar-benar efektif bagi Allah jika anda bekerja di tanah perjanjian anda. Banyak orang Kristen dalam aneka pekerjaan dan keadaan mencuba terlibat dalam penginjilan peribadi, kapan pun mereka bisa, namun penginjilan hanya benar-benar efektif jika anda beroperasi di wilayah yang dikaruniakan kepada anda. Seekor ikan tidak dapat berenang di trotoar. Ia tidak dapat memiliki anugerah untuk melakukan hal itu. Seseorang yang beroperasi diluar tanah perjanjiannya tentu akan canggung. Jika anda berusaha menginjil diluar panggilan anda hal itu tidak akan wajar. Orang-orang yang belum percaya tidak senang dipaksa, dan sebenarnya tidak ada orang Kristen yang senang memaksakan kehendaknya kepada orang lain. Itu akan menyusahkan semua orang yang terlibat! Namun jika anda beroperasi ditanah perjanjian anda, anda akan mampun menunujkkan kecakapan yang diberikan Allah dan memberikan jawaban-iawaban kerajaan, dan orang-orang menerima anda dengan terbuka. Anda dapat berdiri bersama-sama orang lain. Hati mereka menjadi siap untuk menerima lebih banyak dari anda. Itulah sebabnya untuk menjadi pemberita injil yang efektif anda harus menemukan habitat anda, tanah perjanjian anda dimana anda secara alamiah bersikap anggun dan berbuah. Di sanalah anda akan menggunakan karunia anda dengan efektif.
Ketika saya pertama kali terlibat di kyiv Ukraina, saya seharian berkeliling dengan bas kota sambil menangis. Saya tidak punya alasan yang wajar untuk menangis, tetapi jauh didalam hati saya, saya merasakan kasih sekaligus kesedihan untuk kota ini, yang menjadi satu dengan panggilan kerajaan saya. Saya duduk di bus sambil menangis dalam jiwa saya, “Ya Allah, kiranya kota ini tunduk dihadapanMU.”Seringkali saya pergi di gedung tertinggo dikota itu, berdiri di atapnya, dan memandang kota yang terbentang. “Ya Allah, kiranya RohMu datang!” doa saya.
Di Uraina, saya menemukan tanah perjanjian saya. Di sanalah saya Allah ingin menanam saya dan disana lah saya akan memiliki pengaruh untuk kepentingan kerajaanNYa.
Semua yang Allah ciptakan mem[unyai fungsi tertentu dan tujuan yang khusus- dan itu mencakup anda. Allah member anda kehidupan dan talenta untuk suatu alasan. Anda mungkin tidak tahu apa tujuan anda, tetapi itu tidak bererti anda tidak mempunyai tujuan. Itu hanya bererti bahawa anda belum menemukannya. Setiap kita mempunyai potensi untuk menjadi besar. Suatu kali dalam hidup saya, saya mengira diri saya tidak bagus untuk apapun dan tak ada yang akan datang kepada saya. Banyak orang menilai diri mereka dengan cara yang sama. Tetapi itu adalah dusta iblis. Kita semua bagus untuk sesuatu. Dan Allah telah menyisihkan tugas-tugas untuk kita lakukan. Jika kita tidak melakukannya, tugas-tugas itu mungkin tidak pernah selesai.
Bagaimana anda menemukan tanah perjanjian anda? Inilah beberapa papan arah untuk membantu anda sampai di sana.

TEMUKAN TANAH PERJANJIAN ANDA DI MANA KASIH DAN KESEDIHAN SALING BERSILANGAN.
Tanah perjanjian anda adalah tempat di mana kasih dan kesedihan anda bersilangan. Ketika saya naik bus keliling Kyiv, saya merasakan kasih yang besar dan kesedihan yang besar untuk semua yang saya lihat. Hati saya berkobar dan terikat dengan masa depan kota ini. Keprihatinan dan kesedihan anda dapat menunjukkan jalan menuju tanah perjanjian anda. Ketika anda merasakan kesedihan dan kasih untuk suatu masalah atau kebutuhan tertentu dalam masyarakat atau untuk suatu tempat atau bangsa tertentu, ini dapat mengarahkan anda ke panggilan anda. Contohnya, sebagian orang mengamati pemerintah mereka dan mengasihinya, namun mereka merasa sedih kerana apa yang diperbuat para politis dalam memimpin Negara mereka. Mereka ingin membawa kebenaran ke Negara mereka. Musa merasa seperti itu. Ia mengasihi rakyatnya dan membenci apa yang dilakukan bangsa mesir, jadi ia membunuh seseorang.(Lihat Keluaran 2) Pembunuhan itu adalah pekerjaan daging, tetapi itu muncul dari motivasi yang benar. Kesedihan dan kasihnya bertemu dalam keprihatinannya terhadap bangsa Israel.
Tanah perjanjian anda adalah tempat di mana ketertarikan anda yang kuat(passion) berada. Di sanalah hati anda berpacu, di mana anda merasakan sesuatu yang hamper merupakan suatu kelaparan supranatural untuk mencampuri dan memperbaiki sebuah situasi. Ajukan pada diri anda sendiri pertanyaan-pertanyaan kunci ini yang akan membantu anda menemukan tanah perjanjian anda:
1. Apa yang anda senang dan nikmati untuk anda lakukan? Kadang-kadang apa yang kita sebut sebagai hobi sebenarnya adalah panggilan kita.
2. Dalam hal apa anda memiliki ketertarikan yang kuat? Apa yang membuat anda berkobar-kobar dan membuat anda terkuras kerana bersemangat?
3. Apa yang membuat anda marah dan frustasi? Masalah-masalah apa yang tidak dapay anda lepaskan dari fikiran anda? Anda mungkin dipanggil untuk menghadapi masalah-masalah itu dengan talenta dan waktu anda.

TAK SEORANG PUN YANG DAPAT MEMBERI TAHU ANDA DENGAN PASTI DI MANA TANAH PERJANJIAN ANDA.

Sebagai seorang gembala saya tahu dari pengalaman pertama bahwa keberagaman karunia di dalam kerajaan Allah jauh lebih besar daripada yang dapat dipahami atau diarahkan seseorang. Tak ada pemimpin atau gembala, teman atau nabi yang dapat memberitahu anda dengan pasti di mana tanah perjanjian anda, sebab tidak ada orang yang dapat melihat segala hal yang Allah ingin lakukan di dalam masyarakat. Menetapkan agendanya tidaklah bergantung kepada seseorang. Itu pekerjaan Roh kudus. Tugas pemimpin adalah memperlengkapi orang-orang dengan prinsip-prinsip kerajaan dan melepaskan mereka dalam keyakinan dan kekuatan.
Seringkali orang-orang datang kepada saya dan menceritakan beban atau ketertarikan mereka yang kuat terhadap suatu bidang kebutuhan yang belum saya ketahui bahawa kebutuhan itu ada. Contohnya, saya tidak tahu bahwa pelecehan seksual menjadi masalah sampai seseorang member tahu saya bahwa mereka ingin melayani para korban pelecehan itu. Hal-hal yang tak pernah saya bayangkan ternyata ada di hati Allah dan perlu diatasi. Oleh sebab itulah Dia membangkitkan ketertarikan yang kuat di dalam setiap kita. Jika seseorang pemimpin berusaha menyusun aktivitas kerajaan, ia akan mati dalam uoaya itu dan tidak pernah mencapainya.
Menemukan tanah perjanjian anda pada akhirnya bergantung pada anda dan Allah.

KARUNIA-KARUNIA ANDA DIBUAT UNTUK ORANG LAIN.

Tanah perjanjian anda akan selalu melibatkan pemenuhan kebutuhan orang lain. Mungkin anda seorang pemimpin atau pembicara yang berbakat, seniman atau mekanik, guru atau perawat. Setiap profesi ini dapat menjadi bidang yang luarbiasa menghasilkan untuk membawa pengaruh kerajaan Allah. Tetapi menurut definisinya, talenta anda hanya dapat berguna jika itu memberkati orang lain. Jagalah focus itu dalam apapun yang anda lakukan. Tanah perjanjian anda bukan tentang membangun diri anda atau membuat anda nyaman; ini berbicara tentang membuat anda berguna bagi orang lain.

PELAYANAN ANDA TIDAK TERBATAS DI MIMBAR

Memalukan jika sebagian gereja masih mengajarkan bahwa pelayanan sejati terbatas di mimbar. Omong kosong! Pelayanan mimbar adalah untuk membantu orang menemukan dan menjadi efektif di lingkup pengaruh mereka sendiri. Namun mayoritas besar manusia dimaksudkan untuk diluar mimbar dan pelayanan lima jawatan. Para insinyur yang datang di gereja saya adalah penginjil-penginjil yang menyamar;jika anda menganggapnya demikian. Para politisi yang hadir di gereja saya adalah rasul-rasul yang menyamar. Para pengacara adalah guru-guru yang menyamar. Jika anda membatasi pelayanan sejati untuk lima jawatan saja, anda menjadikan gereja 95 persen tidak relevan.
Lebih jauh lagi, tanah perjanjian anda hamper dipastikan bukanlah suatu pelayanan yang anda harus mulai, tetapi suatu tempat pengaruh yang nyata dalam masyarakat, yang dapat anda ambil kembali dengan anugerah Allah. Banyak orang Kristen menjadi begitu religious sehingga mereka tidak lagi tertarik dengan apa yang terjadi di dunia. Kerana mereka telah terkunci dalam keempat dinding gereja,keinginan mereka yang paling liar adalah menjadi pengkhotbah,penginjil,pemimpin pujian dan penyembahan,gembala kaum muda dan seterusnya. Semua ini adalah pelayanan pemeliharaan rumah yang perlu dikerkjakan dengan sangat baik namun seharusnya tidak dicampuradukkan dengan pekerjaan sesungguhnya yang merupakan panggila Allah bagi mayoritas besar orang percaya, yang ada didunia. Jangan baurkan tugas-tugas yang anda kerjakan di rumah Allah dengan tanah perjanjian yang Dia berikan kepada anda diluar rumah-Nya.
Patahkan pola piker bahwa Allah hanya bekerja melalui para pemimpin gereja atau jabatan-jabatan di gereja. Pelayanan anda kemungkinan besar berlangsung di dunia.

KARUNIA ANDA MEMERLUKAN PERTUMBUHAN

Kisah perjanjian Lama tentang bangsa Israel yang meninggalkannMesir adalah sebuah ilustrasi untuk kita. Ketika kita diselamatkan dan mulai terhubung dengan tujuan kerajaan kita, kita harus melewati suatu proses pertumbuhan. Anda tidak akan mengambil tanah perjanjian anda secara tiba-tiba dan sekaligus. Allah berkata kepada orang Israel:
“Tuhan, Allahmu, akan menghalau bangsa-bangsa ini dari hadapanmu sedikit demi sedikit; engkau tidak boleh membinasakan mereka dengan segera, supaya jangan binatang hutan menjadi terlalu banyak melebihi engkau” -Ulangan 7: 22
Diperlukan waktu untuk sepenuhnya mengambil sepotong tanah perjanjian yang akan anda taklukkan melalui talenta-talenta yang Allah berikan kepada anda. Terim alah bahwa hal itu memerlukan waktu dan harapkan pertumbuhan sepanjang prosesnya.

No comments: