Saturday, May 23, 2009

CHURCH SHIFT-BAB 3c

PENDIDIKAN KERAJAAN

Sebagai orang Kristen, anda mempunyai keunggulan dan tanggungjawab tambahanketika mengambil tanah perjanjian anda. Pengetahuan saja tidak akan meninggikan satu bangsa. Pengetahuan harus menuntun kepada kebenaran. Seperti Daniel di dalam alkitab, anda harus menggabungkan pengetahuan professional dengan pengetahuan tentang prinsip-prinsip kerajaan seperti integritas, kekudusan, kasih, dan belas kasihan. Kerana anda memiliki pikiran kristus, anda dipanggil untuk memasangkan pelajaran alamiah anda dengan pengetahuan dan hikmat rohani. Anda dapat melihat semua aspek dari suatu masalah, bukan hanya aspek duniawinya. Sembari anda belajar, anda akan melihat kekosongan dalam apa yang diajarkan oleh sumber-sumber sekuler kepada anda, sebab anda memiliki kebenaran yang lebih tinggi. Hal itu memampukan anda untuk menghasilkan pendekatan yang lebih baik terhadap berbagai masalah di bidang keahlian anda.
Contohnya, di universitas tempat saya belajar, saya mempelajari di kelas sosiologi saya bahwa masyarakat dapat dibagi-bagi menjadi berbagai bidang- pemerintah,olahraga, seni, bisnis, dan seterusnya. Pemikiraan itu sekarang menjadi dasar bagi gereja kami dalam membawa prinsip-prinsip kerajaan Allah ke masyarakat. Kami berfokus kepada bidang-bidang spesifik itu, seperti yang saya pelajari di sekolah.
Hal lain yang saya pelajari ketika mempelajari peradaban moden adalah bahawa reformasi yang diwujudkan oleh Martin Luther dan Reformasi Protestant membentuk dasar masyarakat masa kini. Nilai-nilai protestant dijalankan oleh orang-orang di dunia Barat, dan itulah sebabnya dunia Barat mempunyai banyak keberhasilan dalam menciptakan masyarakat yang damai dan kaya. Para sejarawan dan ilmuwan semuanya setuju bahawa ajaran para pengkhotbah Protestant secara langsung membentuk peradaban zaman sekarang. Contohnya, keinginan untuk menyebarkan injil menuntun pada penemuan mesin cetak. Nilai-nilai yang sama menghasilkan penemuan system perbankan dan kredit modern; waktu dan jam; sistem pemerintahan yang demokratis; sistem industri modern; peraturan hukum; sistem distribusi kekayaan yang adil dan seimbang; dan etika kerja Protestant. Kalangan Protestant juga bertanggungjawab atas tradisi penyelesaian utang, pernikahan sebagai institusi antara satu pria dan satu wanita, menaati orang tua, menciptakan akhir pekan dan hadir di gereja pada hari Minggu. Meskipun beberapa di antaranya sudah diprkatikkan sebelumnya, namun kaum Protestantlah yang mengangkatnya ke tingkat pengaruh yang mendunia.
Dengan melihat bagaimana prinsip-prinsip alkitabiah membawa stabilitas, kesehatan, dan kekayaan di masa lalu, saya mendapat idea-idea segar tentang bagaimana mengubah masyarakat masa kini. Saya menggabungkan tujuan-tujuan kerajaan dengan pengetahuan saya tentang sejarah.
Di universitas saya juga mulai tahu bahwa bangsa-bangsa tidak menjadi besar dengan kebaikan dari kekayaan mereka, namun dengan kekayaan itu dari kebaikan mereka. Contohnya, Swiss memiliki sedikit sumber daya alam dibandingkan kebanyakan negara Afrika. Akan tetapi Swiss adalah negara yang jauh lebih sihat, lebih kaya,dan lebih adil dan stabil dibandingkan negara manapun di Afrika. Kekayaan Swiss terletak pada susunan moralnya dan system nilai bangsanya.( lihat yesaya 59). Swiss telah menghasilkan jauh lebih banyak dari sumber dayanya yang amat kecil dibandingkan apa yang dihasilkan Negara Afrika manapun dari kekayaan alamnya yang besar.
Bahkan membaca tentang Revolusi Bolshevik pun member saya idea-idea dan inspirasi. Revolusi ini menyebabkan banyak kejahatan, namun saya melihat bagaimana satu orang, V.I. Lenin, mampu mengubah sejarah suatu Negara secara keseluruhan. Saya adalah satu orang. Saya juga dapat mengubah suatu Negara secara keseluruhan! Dan anda juga dapat, dengan menggabungkan pendidikan anda dengan hikmat dan pengetahuan kerajaan.
Selama bertahun-tahun gereja kami telah mendorong orang-orang untuk mengenyam pendidikan dan meraih gelar. Embassy of God bahkan mempunyai program-program pendidikan seperti Pusat Transformasi Bisnis, Institut Pengembangan Pribadi, Institut Transformasi Masyarakat, pusat linguistik, dan lain-lain. Kami bahkan menginginkan struktur program-program gereja kami diarahkan kepada orang-orang luar dan mendorong mereka untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut. Itulah yang dibutuhkan untuk sepenuhnya mempengaruhi Ukraina bagi Kristus.
Kini, anggota gereja kami bekerja di semua bidang masyarakat, mengambil posisi aktif bagi kerajaan Allah dan unggul dalam pekerjaan mereka. Banyak jemaat kami yang berasal dari segala usia sekarang belajar di berbagai universitas. Banyak yang menjadi anggota organisasi sosial yang secara aktif mempengaruhi isu-isu sosial di negara kami. Banyak yang aktif dalam bisnis. Baru beberapa tahun yang lalu sebagian orang ini adalah pengangguran, tetapi sekarang mereka adalah warga negara pemimpin di negara kami. Mereka orang-oraang terhormat dan berpengaruh. Ini tidak terjadi dengan mukjizat. Ini terjadi dengan menemukan tanah perjanjian mereka dan menjelajahi sepenuhnya.
Pendidikan adalah proses yang tak pernah berakhir. Di sisi rohani anda harus terus-menerus mempelajari alkitab dan buku-buku serta khotbah-khotbah Kristen lainnya. Di bidang karunia anda, anda harus mengikuti kemajuan pengetahuan atau anda berissiko kehilangan pengaruh anda dan menjadi anak panah yang tumpul. Bahkan jika anda sudah memegang suatu posisi otoritas, tetaplah berada di depan semua orang dengan terus-menerus mencari dan mempelajari berbagai perkembangan baru.
Ingat: Penyalahgunaan, kehancuran, dan kerusakan tidak terhindarkan jika tidak disertai dengan pengetahuan. Pengetahuan, pemahaman, dan hikmat memampukan raja-raja untuk memerintah dengan efektif. Yesus senantiasa mempelajari Bapa-Nya, dan Dia berkata kepada murid-murid-Nya,
Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau Ia tidak melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak. – yohanes 5:19
Pendidikan dan hikmat adalah rahasia kekuasaan yesus: Dia mendapatkan hikmat dari mengamati Bapa dan bertindak sesuai dengan pengamatan itu. Hal yang sama berlaku bagi anda dan saya. Tak ada orang yang dapat bergerak lebih jauh dari pengetahuan mereka. Carilah pengetahuan dan pemahaman, dan semua rintangan akan disingkirkan dari jalan anda. Setiap situasi akan berlutut di hadapan pewahyuan Allah.

MENCARI PERTOLONGAN DARI MESIR

Tetapi jangan salah faham dalam mengambil pengetahuan dengan mengadopsi cara-cara dunia. Jika sasaran hidup anda adalah membangun sebuah gereja atau pelayanan besar, ada kemungkinan untuk begitu terbungkus didalamnya sehingga anda mulai bermain dengan permainan duniawi. Alkitab memperingatkan hal ini,
Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan,yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandangkan kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari Tuhan. Akan tetapi Dia yang bijaksana akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya; Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orang-orang lalim. Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan Allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila Tuhan mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama.
– yesaya 31 : 1-3
Mesir adalah lambang dunia, dan Allah memperingatkan kita untuk tidak memperkuat diri kita dengan cara-cara dunia atau menempatkan diri di bawah kuk dunia. Ada perbedaan besar antara mencari pengetahuan dunia dan mengenakan karakter dunia. Tidak pantas dan tidak masuk akal mencari pertolongan rohani di Mesir. Pertolongan datang dari Tuhan yang menciptakan surge dan bumi. Jika Allah mengutus kita ke “Mesir”, itu adalah untuk menjadi sama dengan karakter Mesir.

PENJARA BANGKU GEREJA

Sejak saya mulai mengkhotbahkan pesan tentang “churchshift” ( perubahan wawasan gereja) ini ke seluruh dunia, para anggota gereja sering mengatakan kepada saya bahwa mereka merasa terperangkap di bangku gereja mereka. Seorang suami dan isteri menulis surat kepada saya,
“Kami pernah melayani sebagai staf gereja. Namun sekarang, sebagai anggota gereja biasa, kami frustrasi kerana kurangnya kesempatan melayani. Kami melihat bahwa orang lain juga merasakan hal yang sama: patah semangat. Mereka adalah orang-orang yang mengasihi Tuhan dan di hati mereka ada semangat yang menyala-nyala untuk melayani, namun sebagian besar tetap tidak dikenali, tidak diberdayakan, dan seringkali disalahmengerti oleh pemimpin gereja.
Banyak orang begitu rindu hubungan mereka dengan Allah, kecakapan mereka dalam memimpin, berbagai talenta, dan pengalaman hidup mereka berguna bagi kerajaan Allah, namun pengalaman mereka berkata bahwa hanya sedikit gembala dan pemimpin yang tahu cara menerima dan memberdayakan mereka untuk menjadi pelayan di luar keempat dinding gereja. Jadi, orang-orang meninggalkan kemampuan dan keahlian mereka di luar pintu sementara mereka menyembah dan bersekutu dengan orang-orang percaya lainnya. Ketika mereka pergi, mereka mengambil lagi peran kepimpinan mereka. Sekarang hal ini telah menciptakan suatu tren di mana orang-orang yang berbakat meninggalkan gereja yang terorganisasi dan bergabung dalam kelompok-kelompok rumahan.
Mereka yang mempunyai visi pelayanan yang lebih pasti dan focus membentuk pelayanan para gereja, bukannya mempertahankan kemampuan kepimpinan mereka yang sudah terbukti di hadapan majelis gereja. Orang-orang ini sering kali dicap sebagai pembelot yang memberontak. Meskipun pelayanan mereka mungkin berkembang, mereka berkembang di luar tembok gereja induk mereka.
Jika orang-orang melekat pada ajaran dasar tentang iman dan memiliki hati hamba, seharusnya tidak ada yang menghentikan pelayanan untuk mengalir bebas dari setiap orang percaya di seluruh tubuh Kristus, selama struktur pelayanan dan rantai otoritas gereja dihormati dan dipahami oleh semua pihak.
Sudah lama kami rindu melihat seluruh sumber daya yang Allah taruh di dalam hati dan kehidupan orang percaya dilepaskan di suatu dunia yang tidak curiga. Hendaklah kita tidak menjadi orang Farisi yang menahan izin, yang mencekik karunia, keahlian, dan talenta orang-orang yang Allah utus untuk menolong kita. Hendaklah kita menjadi pemimpin rohani yang berbelas kasihan dan memberikan izin.”
Ironisnya, para professional di bidang politik, hiburan, olahraaga, dan bidang-bidang masyarakat lainnya telah membawa pesan perusahaan mereka ke seluruh dunia dengan cara yang tidak mampu dilakukan gereja selama dua ribu tahun. Di seluruh dunia,Mickey Mouse adalah nama yang lebih dikenal daripada Yesus Kristus. Di banyak tempat, bentuk botol Coca- Cola lebih dikenal daripada salib. Debut iPhone dari Apple menyapu dunia dalam satu hari. Namun ketika para profesional dari industry-industri itu datang ke gereja kita, kita biasanya meminta mereka memberikan persepuluhan dan mungkin melakukan beberapa pelayanan pemeliharaan rumah seperti melayani sebagai majelis atau mengajar sekolah Minggu, betapa jauh lebih cepatnya kita dapat menuntaskan Amanat Agung apabila kita memanfaatkan sumber daya besar dari orang-orang yang duduk seperti tawanan di bangku-bangku gereja kita.
Para gembala perlu melatih dan mengajar anggota jemaat mereka untuk berhenti menjadi penghangat bangku gereja dan menjadi suatu bangsa yang dipanggil keluar dari gaya hidup dunia, guna menaklukkan setiap bidang kehidupan mereka bagi Allah dan prinsip-prinsip kerajaan Allah. Ini merupakan hal yang begitu penting sehingga kita akan menghabiskan bab selanjutnya untuk mengupas bagaimana menjadi berwawasan kerajaan.

PRINSIP-PRINSIP KERAJAAN DARI BAB 3

1.TANAH PERJANJIAN ANDA AKAN SELALU MELIBATKAN PEMENUHAN KEBUTUHAN ORANG LAIN

2.JIKA ANDA MEMBATASI PELAYANAN YANG SESUNGGUHNYA PADA PELAYANAN LIMA JAWATAN, ANDA MENJADIKAN GEREJA 95 PERSEN TIDAK RELEVAN.

3.JANGAN BAURKAN TUGAS-TUGAS YANG ANDA KERJAKAN DI RUMAH ALLAH DENGAN TANAH PERJANJIAN YANG DIA BERIKAN KEPADA ANDA DILUAR RUMAH-NYA.

4.TEMPAT PANGGILAN ANDA MENJADI TEMPAT ANDA MEMANIFESTASIKAN KRISTUS SEBAGAI SEORANG HAMBA.

5.CARA TERBAIK UNTUK MENJELAJAHI TANAH PERJANJIAN ANDA ADALAH MELALUI PENDIDIKAN

6.PENGETAHUAN HARUS MENUNTUN KEPADA KEBENARAN

7.TAK ADA ORANG YANG DAPAT BERGERAK LEBIH JAUH DARI PENGETAHUAN MEREKA.

1 comment: