Tuesday, March 13, 2012

BAB2(a)YESUS ADALAH TELADAN UTAMA KITA

Yesus mengubah hidup murid-muridNya pada hari Ia menampakkan diriNya tidak lama setelah kebangkitanNya,ketika mereka berkumpul dengan penuh ketakutan di tempat terkunci. Yesus berkata,"sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu"(Yoh :21b). Kita mungkin akan berfikir bahwa itu adalah ayat Alkitab yang indah untuk dibaca buukan secara artinya-panggilan untuk mengikutiNya dengan membawa kabar baik bagi dunia.
"Sama seperti Bapa mengutus Aku,demikian juga sekarang Aku mengutus kamu" (Yohanes 20:21b).

Ini adalah perkataan Tuhan kepada setiap murid yang mendengarNya. Apakah anda termasuk muridNya? Apakah anda ingin menjadi muridNya? Jika ya,ucapkan bersama-sama dengan saya,"Sama seperti BAPA mengutus Yesus,demikian juga sekarang Yesus mengutus aku!" Yesus adalah teladan utama kita dalam hidup,iman dan pelayanan. MenurutNya,anda dan saya dipanggil dan dipilih untuk mengikuti jejakNya sebagai utusan bagi dunia.

Adakalanya saya mendapat kritikan dari mereka yang tidak memahami sepenuhnya kasih Allah untuk mereka yang tersesat. Anda tidak perlu menjadi Tuhan untuk membaca firmanNya dan memahami sedikit tentang kasihNya bagi manusia yang terjatuh. Ketika kita berbicara tentang membawa bangsa-bangsa dan menyelamatkan ratusan jiwa dalam Nama Yesus, mereka akan berkata "Anda terlalu berlebihan. itu hal yang mustahil untuk dilakukan"
Saya yakin akan terdengar berlebihan jika Yesus berkata padda murid-muridNya yang bersembunyi di ruangan terkunci,"Kamu akan mengubah dunia dan sejarah-bahkan kerajaan Romawidan bangsa-bangsa buka Yahudi yang belum pernah kamu dengar" namun kenyataannya tidaklah demikian. Kenyataannya adalah bahwa Yesus mengutus mereka-dan Ia juga mengutus anda daan saya-sama seperti Bapamengutus Dia. Sesudah pertemuan antara Tuhan yang sudah bangkit dan murid-muuridNya yang ketakutan, Roh Kudus turun antara mereka. Mereka bergerak dengan berani dari kota ke kota dan dari bangsa ke bangsa,mengabarkan Injil yang mengubah sejarah dan hidup manusia ke manapun mereka pergi. Hal tersebuut sedang terjadi saat ini!

Yesus diutus untuk melakukan suatu pekerjaan. Ia sebagai teladan utama dan pemimpin kita,telah memberikan visi,kuasa dan tanggungjawab yang sama kepada kita! karena anda dan saya menerima kabar baik tentang Yesus dalam kehidupan kita,kita telah diubah menjadi ciptaan baru. Kita bisa mengubah nasib gereja,kota dan bangsa kita bahkan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia melalui ketaatan kita pada visi yang dimiliki Yesus-namin tentunya dengan pimpinan Tuhan. Rahasia tentang kuasa Allah dapat ditemukan dalam perkataan Yesus: "Aku berkata kepadamu: sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu,ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan,bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itui. Sebab Aku pergi kepada Bapa. Dan apa jua yang kamu minta dalam namaKu,Aku akan melakukannya,supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak(Yoh 14:12-13)

Yesus tidak membatasi perkataanNya hanya kepada mereka percaya padaNya di abad prtama,atau kepada laki-laki atau kepada Yahudi ortodoks saja. Tidak peduli di abad berapa anda hidup,satu-satunya syarat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaanNya adalah: Apakah anda mempercayaiNya?

BERSEMBUNYI DARI DUNIA.

Walaupun Yesus Kristur telah mengajar dan membimbing murid-muridNya selama 3 tahun,mereka menjadi tawar hati ketika Yesus menyerahkan diriNya di atas kayu salib. mereka mengubuurkan Pemimpinnya dan berusaha untuk menghilang dan pengharapan mereka sepertinya terkibuur bersama Yesus. Masalahnya adalah mereka tidak memahamiapa yang sebenarnya terjadi dalam dunia roh, ann merreka tidak menyedaribahwa mereka dipilih untuk memainkan peranan rohani dalam mendirikan gereja yang kudus. Namun Guru mereka tidaak meninggalkan merka. "Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintuyang terkunci kerana mereka takut kepada orang-orang Yahuudi. Padda waktu itu datanglah Yesus dan berdiri ditengah-tengah mereka dan berkata: Damai sejahtera bagi kamu" (Yoh 20:19)

Kita tidak seharusnya menghakimi murid-murid Yesus karena menyembunyikan dirinya terhadap dunia luar. Kita bnerada di posoisi yang sama saat ini! Sebahagian besar gereja saat ini, telah menyembunyikan dirinya dri dunia yang kacau dan tterluka,mengikuti pola isolasi yang sudah berabad-abad. Mengapa? Saya fikir hal ini disebabkan kerana kita merasa sudah cukup memiliki Than bagi diri kita sendiri,dan tidak mempunyai keberanian untuk menjadi utusan bagi yang terluka,sama seperti Yesus.

Murid-murid Yesus yang awal menjadi "tidaak giat" sesudah Yesus tidak ada lagi di antara mereka kartena mereka meremehkan kuasa Allah dan rencanaNya. Mreka fikir,Mereka membunuh Tuhan kita,maka mereka juga akan membunuh kita, kerana mereka memiliki sudut pandang yang salah mengenai siapa Yesus sebenarnya. Mereka memandan Yesus sebagai seorang manusia yang telah mati bukan sebagai Anak Allah yang akan bangkit,jadi mereka tidak memahami siapa mereka atau tugas mereka di daalam Kristus. Tidak seorangpun yang menyedarri bahwa Allah berencana mengubah sejarah dunia melalui sekelompok kecil orang-orang yang ketakutan yang bersembunyi di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci.

Mereka yang berada di tempat itu telah mengetahui kuasa Allah ketikan Ia mengutus mereka untuk menyembuhkan yang sakit dan mengusir setan di "masa yang lalu". TTapi mereka merasa tidak mampu dan berkuasa saat itu di Yerusalem ketika Yesus yang sudah bangkitdatang dan berdiri di tengah-tengah mereka dan memberi kekuatan.

No comments: